_*Penerimaan Santri Baru PesMa Angakatan 2020 - 2022 (Khusus Putra)*_

_*Penerimaan Santri Baru PesMa Angakatan 2020 - 2022 (Khusus Putra)*_




_Silahkan klik frayer diatas dan baca penjelasan dibawah_

_*Sekilas tentang PesMa*_
===================

Pesantren Mahasiswa (Pesma) Ashabu Al-kahfi adalah sebuah lembaga pendidikan non formal yang fokus dalam pendidikan dan pembinaan generasi muda islam. Sesuai dengan namanya, maka peserta didik yang diterima untuk belajar di PesMa adalah para mahasiswa yang aktif mengikuti perkuliahan diberbagai universitas yang ada di Sumatra Utara khususnya.

Latar belakang munculnya ide untuk mewujudkan PesMa adalah bentuk keprihatinan beberapa para asatiz dan para pemerhati generasi muda islam terhadap para mahsiswa yang sudah mulai tersadar akan pentingnya untuk mempelajari ilmu agama.

Namun disaat yang sama mereka tidak menjumpai wadah yang tepat untuk dapat rutin mempelajarinya, dan tentunya tidak menggangu waktu perkuliahan yang mereka ikuti .

Disisi lain berbagai macam hal yang merusak keinginan baik mereka terbentang luas, dan terus menerus merayu, menggiring,  bahkan siap mebawa mereka untuk semakin jauh dari keinginan baik yang telah muncul pada hati mereka.

Maka dari itu, mereka menggap perlu ada solusi bagi para mahasiswa yang telah memiliki keinginan baik ini. sehingga dengannya diharapkan para generasi  muda islam yang sedang menimba ilmu untuk meningkatkan intelektualitas dirinya juga akan menjadi para pemuda yang memiliki nilai religius yang terpancar dari pengetahuan agama yang baik dan akhlak serta moral yang baik pula.

Para mahasiswa yang diterima tidak sembarangan, mereka harus melewati seleksi dan ujian. Agar nantinya mereka tidak dengan mudah untuk berhenti ditengah proses belajar berjalan.

Lama pendidikan dan pebinaan yang harus diikuti oleh para peserta didik adalah 2 tahun. Dimana selama waktu itu para mahasiswa akan diberikan beberapa materi pelajaran seperti :

_• Tahsin dan Tajwid al-qur’an_

_• Hifzu al-qur’an ( menghafal al-qur’an, minimal 10 Juz)_

_• Pembinaan akhlak al-karimah_

_• Bahasa arab dan membaca kitab arab_

_• Dan beberapa ilmu keagamaan lainnya yang dianggap perlu untuk diketahui setiap mukallaf (orang yang sudah baligh dan mampu menjalankan syari’at)_

_*Mungkin terlintas sebuah pertanyaan dalam benak kita tentang bagaimana dengan perkuliahan yang mereka ikuti, apa tidak mengganggu?*_

_*Jawabnya tidak, karena waktu belajar di PesMa akan disesuaikan dengan waktu perkuliahan seluruh mahasiswa yang telah diterima. Sehingga antara waktu belajar di PesMa dan di perkuliahan para mahasiswa tidak saling berbenturan.*_

Seluruh keperluan umum para mahasiswa yang lulus mengikuti  pelajaran di PesMa diberikan secara gratis kepada mereka. Mulai dari :
_▪️ Tempat tinggal_
_▪️Makanan_
_▪️Fasilitas² pendukung belajar_
_▪️Sampai pada pemberian bea siswa kepada para mahasiswa yang berprestasi di universitas mereka dan di PesMa tentunya._

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :

▪️0812 6074 2396 (Ustaz Hade)
▪️0812 9305 0276 (Ustaz Halim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jelaskan penggunaan database komputer dalam pelayanan SIAK!