Apa yang Membuat Sebuah Situs Seluler Bagus?

 

jasminms.blogspot.com - Penelitian ini dilakukan dengan sesi kegunaan per-orang selama 119 jam dengan partisipan dari AS. Para partisipan diminta untuk melakukan tugas-tugas kunci di berbagai situs seluler. Termasuk pengguna iOS dan Android, dan pengguna menguji situs tersebut di ponsel mereka sendiri. Untuk setiap situs, para partisipan diminta untuk menyuarakan pemikiran mereka dengan keras karena mereka menyelesaikan tugas-tugas yang berfokus pada konversi seperti melakukan pembelian atau pemesanan reservasi.

Penelitian ini menemukan 25 prinsip desain situs seluler, dikelompokkan ke dalam lima kategori.

Berhasil: Fokuskan beranda seluler Anda pada cara menghubungkan pengguna ke materi yang mereka cari.

Pertahankan panggilan untuk aksi di depan dan tengah

Menyediakan tugas sekunder melalui menu atau "paro bawah" (bagian dari laman web yang tidak bisa dilihat tanpa gulir ke bawah).

LAKUKAN: Memudahkan ketersediaan semua tugas yang paling sering dipakai pengguna.
JANGAN: Membuang ruang berharga paro-atas dengan panggil-untuk-aksi tidak jelas seperti "ketahui selengkapnya".

Pertahankan menu yang singkat dan manis

LAKUKAN: Pertahankan menu yang singkat dan manis.

Pengguna seluler tidak memiliki kesabaran untuk menggulir melalui daftar panjang opsi untuk menemukan apa yang mereka inginkan. Tata ulang menu Anda agar menggunakan item sesedikit mungkin, tanpa harus mengorbankan kegunaan.

Mempermudah cara kembali ke laman beranda

LAKUKAN: Mempermudah cara kembali ke laman beranda.

Pengguna ingin kembali ke beranda ketika mereka mengetuk logo di sudut kiri atas laman seluler, dan mereka bisa frustrasi bila tidak tersedia atau tidak bekerja.

Jangan biarkan promosi mencuri perhatian

Pengantara pemasangan aplikasi besar (mis. promosi selayar-penuh yang menyembunyikan materi dan meminta pengguna untuk memasang aplikasi) menjengkelkan pengguna dan mempersulit saat melakukan tugas. Selain menjengkelkan pengguna, situs yang menggunakan pengantara pemasangan aplikasi tidak akan lolos Uji Ramah Google Seluler, yang bisa berdampak negatif terhadap peringkat penelusuran mereka.

LAKUKAN: Promosi harus mudah ditutup dan tidak mengganggu pengalaman pengguna.
JANGAN: Pengantara (kadang-kadang disebut membanting pintu) sering menjengkelkan pengguna dan membuat menggunakan situs adalah sebuah penderitaan.

Penelusuran situs

Berhasil: Membantu pengguna seluler menemukan apa yang mereka cari dengan sangat cepat.

Membuat penelusuran situs terlihat

Pengguna yang mencari informasi biasanya membuka penelusuran, sehingga bidang penelusuran harus menjadi salah satu item utama yang mereka lihat di laman Anda. Jangan menyembunyikan kotak telusur di menu.

LAKUKAN: Membuat penelusuran terlihat
JANGAN: Menyembunyikan penelusuran di menu luapan

Pastikan hasil penelusuran situs relevan

Pengguna tidak memindai beberapa laman dari hasil penelusuran untuk menemukan apa yang mereka cari. Permudah pengguna dengan menyelesaikan-otomatis kueri, mengoreksi kesalahan eja, dan menyarankan kueri terkait. Daripada menciptakan kembali sesuatu yang sudah ada, pertimbangkan produk yang kuat seperti Google Penelusuran Khusus.

LAKUKAN: Macy hanya mengembalikan barang anak-anak (kids).
JANGAN: Mengembalikan hasil dengan kata anak (kid) di dalamnya.

Mengimplementasikan filter untuk mempersempit hasil

Partisipan penelitian mengandalkan filter untuk menemukan apa yang mereka cari, dan meninggalkan situs yang tidak memiliki filter yang efektif. Menempatkan filter di atas hasil penelusuran, dan membantu pengguna dengan menampilkan berapa banyak hasil yang dikembalikan ketika filter tertentu diterapkan.

LAKUKAN: Permudah untuk memberi filter.
JANGAN: Menyembunyikan fungsionalitas filter.

Memandu pengguna agar hasil penelusuran situs lebih baik

Zappos memandu pengguna dengan bertanya apa yang mereka cari.
LAKUKAN: Membantu pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari dengan memandu mereka ke arah yang tepat.

Untuk situs dengan segmen pengguna yang beragam, ajukan beberapa pertanyaan sebelum menyajikan kotak telusur, dan menggunakan respons pengguna sebagai filter kueri penelusuran untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan hasil dari segmen yang paling relevan.

Niaga dan konversi

Berhasil: Memahami perjalanan pelanggan Anda dan membiarkan pengguna melakukan konversi dengan cara mereka sendiri.

Biarkan pengguna menjelajahi sebelum mereka berkomitmen

Partisipan penelitian frustrasi oleh situs yang mengharuskan pendaftaran di awal untuk melihat situs, terutama ketika merek tersebut masih terdengar asing. Meskipun informasi pelanggan mungkin integral untuk bisnis Anda, memintanya terlalu dini bisa menyebabkan pendaftaran yang lebih sedikit.

LAKUKAN: Izinkan pengguna menjelajahi situs tanpa harus mendaftar masuk.
JANGAN: Menempatkan login atau registrasi terlalu awal dalam sebuah situs.

Izinkan pengguna membeli sebagai tamu

LAKUKAN: Izinkan pengguna membeli dengan akun tamu.

Partisipan penelitian menganggap checkout tamu "nyaman", "sederhana", "mudah", dan "cepat". Pengguna kesal oleh situs yang memaksa mereka mendaftarkan sebuah akun saat melakukan pembelian, terutama ketika manfaat dari akun tidak jelas.

Menggunakan informasi yang ada untuk memaksimalkan kemudahan

Ingat dan pra-isi preferensi untuk pengguna terdaftar. Tawarkan layanan checkout pihak ketiga yang familier untuk pengguna baru.

Menggunakan tombol click-to-call untuk tugas yang kompleks

Pada perangkat dengan kemampuan menelepon, tautan click-to-call memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon hanya dengan mengetuk tautan. Pada kebanyakan perangkat seluler, pengguna menerima konfirmasi sebelum nomor dihubungi, atau tampil menu yang akan menanyakan pengguna bagaimana sebaiknya nomor ditangani.

Buatlah mudah untuk diselesaikan pada perangkat lain

LAKUKAN: Berikan cara mudah bagi pengguna untuk melanjutkan browsing atau berbelanja di perangkat lain.

Pengguna sering kali ingin menyelesaikan tugas pada perangkat lain. Misalnya, mereka mungkin ingin menampilkan item pada layar yang lebih besar. Atau mereka mungkin sedang sibuk dan harus menyelesaikannya nanti. Dukung perjalanan pelanggan ini dengan memungkinkan pengguna untuk berbagi item di jaringan sosial, atau dengan memperbolehkan pengguna meng-email sendiri tautan secara langsung dari dalam situs.

Entri formulir

Berhasil: Sediakan pengalaman konversi yang mulus dan tanpa friksi dengan formulir yang bisa dipakai.

Merampingkan entri informasi

Secara otomatis maju ke bidang berikutnya ketika pengguna menekan Return. Secara umum, semakin sedikit pengguna melakukan ketukan, semakin baik.

Memilih masukan yang paling sederhana

Gunakan tipe masukan yang paling tepat untuk setiap skenario. Gunakan elemen seperti datalist untuk menyediakan nilai yang disarankan untuk bidang.

Menyediakan kalender visual untuk pemilihan tanggal

LAKUKAN: gunakan widget kalender jika memungkinkan.

Beri label tanggal awal dan akhir dengan jelas. Pengguna sebaiknya tidak perlu meninggalkan situs dan memeriksa aplikasi kalender hanya untuk menjadwalkan suatu tanggal.

Meminimalkan kesalahan formulir dengan label dan validasi real-time

LAKUKAN: Pra-isi materi apabila memungkinkan.

Labeli input dengan benar dan validasi input secara real-time.

Mendesain formulir efisien

Manfaatkan isiotomatis sehingga pengguna bisa dengan mudah melengkapi formulir dengan data pra-isi. Pra-isi bidang dengan informasi yang sudah Anda tahu. Misalnya, ketika mengambil alamat pengiriman dan penagihan, cobalah untuk menggunakan requestAutocomplete atau memperbolehkan pengguna menyalin alamat pengiriman ke alamat penagihan mereka (atau sebaliknya).

Kegunaan dan faktor bentuk

Berhasil: Menyenangkan pengguna seluler dengan hal-hal kecil yang meningkatkan pengalaman mereka.

Mengoptimalkan seluruh situs Anda untuk perangkat seluler

Menggunakan layout responsif yang bisa berubah berdasarkan ukuran dan kemampuan perangkat pengguna. Partisipan penelitian menemukan bahwa situs dengan campuran laman yang dioptimalkan untuk seluler dan desktop, lebih sulit digunakan dibandingkan situs khusus untuk desktop.

Jangan buat pengguna melakukan cubit-untuk-zoom

Pengguna merasa nyaman dengan pengguliran situs secara vertikal, namun tidak secara horizontal. Hindari elemen dengan lebar tetap dan besar. Gunakan kueri media CSS untuk menerapkan penataan gaya yang berbeda untuk layar berbeda. Jangan membuat materi yang hanya terlihat baik pada lebar tampilan yang terlihat tertentu. Situs yang memaksa pengguna untuk gulir secara horizontal tidak akan lolos Uji Ramah-Google Seluler, yang bisa berdampak negatif terhadap peringkat penelusuran.

Membuat gambar produk yang bisa diperbesar

LAKUKAN: Membuat gambar produk yang bisa diperbesar sehingga mudah untuk melihat detailnya.

Pelanggan retail berharap situs mengizinkan mereka melihat tampilan dekat resolusi tinggi dari produk. Partisipan penelitian merasa kecewa ketika mereka tidak bisa melihat apa yang mereka beli.

Memberi tahu pengguna orientasi yang terbaik



LAKUKAN: Memberi tahu pengguna orientasi yang terbaik.

Partisipan penelitian biasanya tetap menggunakan orientasi layar yang sama sampai sesuatu mendorong mereka untuk beralih. Desain untuk mode lanskap dan potret, atau dorong pengguna agar beralih ke orientasi optimal. Pastikan bahwa panggil-untuk-aksi yang penting bisa diselesaikan bahkan jika pengguna mengabaikan saran untuk beralih orientasi.

Menjaga pengguna tetap di satu jendela browser

LAKUKAN: Macy mempertahankan pengguna di situs mereka dengan memberikan kupon di situs.

Pengguna mungkin mengalami kesulitan saat beralih antar jendela dan mungkin tidak dapat menemukan jalan kembali ke situs. Hindari panggil-untuk-aksi yang membuka jendela baru. Identifikasi setiap proses yang mungkin menyebabkan pengguna mencari di luar situs dan menyediakan fitur agar mereka tetap berada di situs Anda. Misalnya, jika Anda menerima kupon, langsung tawarkan kepada mereka di situs, bukannya memaksa pengguna mencari penawaran di situs lainnya.

Hindari pelabelan "situs lengkap"

Ketika partisipan penelitian melihat opsi untuk "situs lengkap" (situs desktop) versus "situs seluler", mereka berpikir bahwa situs seluler kekurangan materi dan memilih "lengkap", yang mengarahkan mereka ke situs desktop.

Jelaskan mengapa Anda memerlukan lokasi pengguna

Pengguna harus selalu mengerti alasan Anda meminta lokasi mereka. Partisipan penelitian yang mencoba untuk memesan hotel di kota lain menjadi bingung ketika sebuah situs perjalanan mendeteksi lokasi mereka dan menawarkan hotel di kota mereka yang sekarang ini. Biarkan bidang lokasi kosong secara default, dan izinkan pengguna untuk mengisinya melalui panggil-untuk-aksi yang jelas seperti "Find Near Me".

LAKUKAN: Selalu minta akses ke lokasi berdasarkan isyarat pengguna.
JANGAN: Memintanya secara langsung di beranda saat situs sedang memuat akan menjadikan pengalaman pengguna yang buruk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jelaskan penggunaan database komputer dalam pelayanan SIAK!