Kumpulan Tugas Sistem Informasi Manajemen 2020

NAMA JASMIN M SAHRUDIN 

NIM 19.1.*********

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALU FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN

BY BLOG Jasminms.blogspot.com


1.jelaskan perbedaan data dan informasi dan berikan contohnya!

2. Jelaskan apa yang dimaksud dalam sistem informasi manajemen dan contohnya!
3. Jelaskan mengapa organisasi publik memerlukan sistem informasi manajemen!
4. Bagaimana meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi publik dalam pandangan teori sistem  (khususnya SIM)?
5. Jelaskan bagaimana menciptakan sistem informasi manajemen yang efektif agar sesuai dengan kebutuhan organisasi publik!
6. Bagaimana menjamin agar infromasi dapat berorientasi pada si pemakai dan berikan contohnya!
7. Buatlah bagan secara hirarkis kebutuhan sistem informasi manajemen dalam organisasi. Sertai dengan contohnya!
8. SIM yang telah maju tidaknya hanya menggunakannya untuk fungsi tata usaha akan tetapi digunakan untuk memberikan bantuan dalam proses pengambilan keputusan. Jelaskan maksud statemen tersebut!
9. Jelaskan mengapa suatu sistem manajemen database diciptakan dalam organisasi publik!
10. Jelaskan manfaat penggunaan struktur data yang tepat dan penciptaan sistem manajemen database!
11. Bagaimana cara menangani data yang volumenya besar di dalam organisasi dalam struktus data elektronik!
12. Jelaskan pengertian komunikasi data dan mengapa komunikasi data penting dalam SIM!
13. Sebutkan dan jelaskan 5 perangkat komunikasi data yang anda ketahui!
14. Sebutkan dan jelaskan berbagai topologi dalam komunikasi data berikan ilustrasi pula keuntungan dan kerugiannya!
15. Jelaskan macam-macam metode komunikasi data dan contohnya!

Jawaban :

1. Perbedaan Data dan informasi:
✓Data adalah fakta mentah atau Rincian informasi peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.Contoh Data : Kecelakaan di jalan raya
✓Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.Contoh Informasi :
Telah terjadi kecelakaan mobil di jalan Sudirman,Pekanbaru tadi malam pukul 23:00, korban jiwa sebanyak delapan orang, enam orang diantaranya luka ringan dan dua lainnya luka berat.
 Jadi,dari definisi dan contoh diatas dapat disimpulkan perbedaan data dan informasi yaitu :
•)Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau sebuah gagasan yang belum menjelaskan sebuah peristiwa atau hasil kegiatan, data juga tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi adalah hasil pengolahan dari data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
•)Data terkadang tidak dapat digunakan dan diterima oleh akal pikiran penerima, sedangkan informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran penerima.
•)Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan.

2. Sistem informasi manajemen (SIM)atau management information system( MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.
Contoh SIM :
•)Enterprise Resource Planning (ERP)
Sistem ERP ini biasanya digunakan oleh sejumlah perusahaan besar dalam mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang kerja Keuangan, Accounting, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Operasional, dan Pengelolaan Persediaan.  
•)Supply Chain Management (SCM)
Sistem SCM ini sangaat bermanfaat bagi pihak manajemen dimana data data yang disajikan terintegrasi mengenai manajemen supply bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir.
•)Transaction Processing System (TPS)
TPS ini berguna untuk proses data dalam jumlah yang besar dengan transaksi bisnis yang rutin. Program ini biasa diaplikasikan untuk manajemen gaji dan inventaris. 
•)Office Automation System (OAS)
Sistem aplikasi ini berguna untuk melancarkan komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya adalah email.
•)Knowledge Work System (KWS)
Sistem informasi KWS ini mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi. Dengan ini, diharapkan para tenaga ahli dapat menerapkannya dalam pekerjaan mereka.
•)Informatic Management System (IMS)
IMS berfungsi untuk mendukung spektrum tugas-tugas dalam organisasi, yang juga dapat digunakan untuk membantu menganalisa pembuatan keputusan. Sistem ini juga dapat menyatukan beberapa fungsi informasi dengan program komputerisasi, seperti e-procurement.
•)Decision Support System (DSS)
Sistem ini membantu para manajer dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan dalam perusahaan.
•)Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (A.I.)
Sistem ini pada dasarnya menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisa pemecahan masalah dengan menggunakan pengetahuan tenaga ahli yang telah diprogram ke dalamnya. Contohnya, sistem jadwal mekanik.
•)Group Decision Support System (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work System (CSCWS)
Serupa dengan DSS, tetapi GDSS mencari solusi lewat pengumpulan pengetahuan dalam satu kelompok, bukan per individu. Biasanya berbentuk kuesioner, konsultasi, dan skenario. Contohnya adalah e-government.
•)Executive Support System (ESS)
Sistem ini membantu manajer dalam berinteraksi dengan lingkungan perusahaan dengan berpegang pada grafik dan pendukung komunikasi lainnya.

3.Sistem informasi Manajemen digunakan untuk mendukung operasi-operasi manajemen yang dilakukan oleh suatu organisasi, Dan Sistem informasi manajemen (SIM) berperan penting dalam mendukung operasi dalam suatu organisasi,yaitu untuk mencatat, menyimpan, dan mengorganisasikan semua data yang terkait dengan operasi tersebut, serta mengolah data-data tersebut menjadi informasi yang dapat dilaporkan pada pihak-pihak yang membutuhkannya.

4.Meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi publik dalam pandangan teori sistem (SIM),yaitu:
•) Memenuhi syarat-syarat informasi untuk kepentingan manajemen.
•) Pengolah data atau penyedia informasi harus mempertimbangkan segi segi Waktu penyajian isi, format maupun segi segi lain dari informasi tersebut.
•)Dan yang paling penting adalah Meningkatkan kualitas informasi yang dipergunakan dalam manajemen.

5.Dengan adanya pengelolaan Sistem Informasi Manajemen.
Sistem Informasi Manajemen merupakan serangkaian sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu menstransformasikan data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara, Guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat  manajer.
Beberapa point dalam Sistem Informasi untuk menciptakan SIM yang efektif agar sesuai Dengan kebutuhan organisasi publik: 
•)Sistem Informasi Manajemen harus memiliki sub-sistem informasi dimana sub-sistem tersebut mendukung tercapainya sasaran Sistem Informasi Manajemen dan organisasi sebagian dari sub-sistem berperan hanya dalam satu kegiatan atau lapisan manajemen, sementara yang lainya berperan ganda
•)Sistem Informasi Manajemen adalah menyeluruh.
Sebuah Sistem Informasi Manajemen mencakup sistem informasi formal maupun informal baik yang manual maupun berkomputer. Komponen yang terpenting dalam Sistem Informasi Manajemen adalah manajer yang memproses dan menyebarkan informasi secara berinteraksi dengan elemen-elemen lain dari Sistem Informasi Manajemen
•)Sistem Informasi  Manajemen adalah  terkoordinasi.
Sistem Informasi Manajemen dikoordinasikan secara terpusat untuk menjamin bahwa data yang di proses dapat di operasikan secara terencana dan terkoordinasi. Semuanya untuk menjamin bahwa informasi melewati dan menuju sub-sistem yang diperlukan, serta menjamin bahwa sistem informasi bekerja secara efisien
•)Sistem Informasi Manajemen terintegrasi secara  rasional.
Sub-sistem dalam Sistem Informasi Manajemen adalah terintegrasi (terpadu) sehingga kegiatan dari masing-masing saling berkaitaan satu dengan yang lainnya, integrasi ini dilakukan terutama dengan melewatkan data diantara sub-sistem tersebut
•)Sistem Informasi Manajemen mentransformasikan data kedalam informasi. Apabila data diolah dan berguna bagi manajer untuk tujuan tertentu, maka ia akan menjadi informasi.
•)Sistem Informasi Manajemen meningkatkan produktivitas.
Sistem Informasi Manajemen dengan berbagai cara mampu meningkatkan produktivitas, antara lain: dengan kemampuan melaksanakan tugas rutin seperti penyajian dokumen dengan efisien, mampu memberikan layanan bagi organisasi intern dan ekstern, serta mampu meningkatkan kemampuan manajer untuk mengatasi masalah-masalah yang tidak terduga.
•)Sistem Informasi Manajemen sesuai dengan gaya manajer Sistem Informasi Manajemen dikembangkan lewat pengenalan atas sifat dan gaya manajerial dari personil yang akan menggunakannya. Para perancang sistem apabila akan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen hendaknya mempertimbangkan faktor manusiawi dengan cermat. Apabila tidak demikian, maka sistem yang dihasilkan tidak efektif.

6.Dengan cara melakukan perencanaan mengenai kegiatan yang akan dilakukan di dalam organisasi. Dengan menghitung perkiraan biaya dan waktu yang efisien. Jika rencana kegiatan dapat berjalan dengan baik, maka informasi tersebut telah berorientasi pada si pemakai yang menggunakan sistem manajemen


8.SIM adalah jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam organisasi dengan maksud memberikan data kepada manajemen setiap waktu diperlukan, baik data yang bersifat intern maupun yang bersifat ekstern, untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

9)Suatu sistem manajemen database butuh diciptakan dalam organisasi sektor public karena pentingnya peranan informasi bagi pemimpin adalah untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Selain sistem pendukung keputusan, lingkup sistem informasi manajemen yang banyak terdapat di dalam organisasi public adalah berkenaan dengan manajemen database. Begitu banyak permasalahan dibidang sistem informasi yang dipergunakan didalam pelayanan publik yang sesungguhnya merupakan permasalahan manajemen database, yaitu bagaimana mengelola data dan informasi yang tersimpan dalam organisasi secara efesien dan aman serta menciptakan prosedur cari-ambil yang cepat dan mudah.

10.Secara singkat, pemahaman mengenai struktur data yang tepat dan penciptaan sistem manajemen database yang baik akan mempunyai manfaat:
•)Integrasi Data. Struktur data yang logis dan disesuaikan dengan sasaran maupun bentuk layanan organisasi akan memungkinkan rumusan yang pasti tentang hubungan-hubungan di antara entitas pengolah data.
•)Aksesibilitas Data. Yang dimaksud dengan aksesibilitas adalah kemudahan bagi seseorang akan memperoleh informasi yang diperlukan di dalam data base. Karena itu dalam system manajemen data base biasanya dilengkapi dengan bahasa query tingkat tinggi.
•)Kontrol Atas Data. Kelebihan data akan terhindar karena sumber-sumber data dikendalikan oleh suatu program
•)Kemudahan Pengembangan. Seorang manajer tidak akan pusing oleh pengembangan suatu persoalan struktur, organisasi, atau lokasi sebuah file. Dan organisasi dapat mengubah struktur data base tanpa mengubah program-program aplikasi yang mengakses data
•)Keamanan Data. Organisasi public akan memerlukan perlindungan dari akses data yang tidak sah dan system manajemen Data base memungkinkan kontrol yang terpadu sehingga fungsi keamanan data akan lebih mudah dilaksanakan.

11.Cara yang paling mendasar untuk memungkinkan efisiensi penanganan data adalah membuat supaya volume data yang besar tetap terstruktur dengan baik. Pada dasarnya ada tiga teknik untuk menangani data, yaitu :
•)Akses berurutan. Merupakan metode penyimpanan data atau pencarian rekaman data secara satu persatu
•)Akses langsung. Pada akses langsung ini diperlukan sebuah alamat yang menunjukkan lokasi rekaman datanya
•)Akses berindeks. Adalah akses yang di beri file yang berindeks dengan menggunakan tabel-tabel petak data kunci yang berisi indeks yang menyediakan alamat–alamat file data dalam medium atau rekaman data di sebuah file.

12.Komunikasi data adalah pertukaran data antara dua perangkat atau lebih melalui media transmisi misalnya seperti kabel.
Penting dalam SIM karena :
•)Dengan Menggunakan Sistem ini akan terasa Lebih Efisien
•)Karena Sebaian besar pengguna Komputer Hampir Menggunakan data sebagai alat komunikasi antar kantor,Perusahaan dan Institusi institusi lainnya.
Inilah yang menyebabkan sistem Komdat diperlukan.
•)Menjaga Data agar sampai sesuai tujuan yang diinginkan.
•)Dapat mengurangi Keterbatasan Waktu
•)Data menjadi Terahasiakan.bila ada data yang tidak boleh diketahui pihak lain.

13. Perangkat Komunikasi data :
•)Terminal
Merupakan alat yang melayani proses I/O, jadi merupakan penghubung antara manusia dengan mesin. Pemilihan terminal ditentukan oeh kebutuhan pada saat ini dan melihat perkembangan di masa datang.
•)Komputer
Komputer atau prosesor yang dibutuhkan untuk sistem komunikasi data berbeda dengan prosesor untuk pengolah data. 
•)Transmission Lines
Supaya data dapat diterima oleh penerima diperlukan suatu media untuk membawa data tersebut. Medium tersebut dinamakan Saluran Transmisi (transmission lines). Pada dasarnya sistem transmisi dapat membawa data secara listrik atau elektro optik dan melalui satu kanal telekomunikasi. 
•)Modem
Singkatan dari Modulator – DEModulator, sesuai dengan fungsinya yaitu melakukan modulasi (merubah pulsa biner menjadi sinyal analog) dan demodulasi.dalam komunikasi data selalu diperlukan sepasang modem yang masing-masing dipasang di pemancar dan penerima.
•)Multiplexer
Penggabungan 2 sinyal atau lebih untuk disalurkan ke satu saluran komunikasi data sehingga terjadi efisiensi penggunaan saluran komunikasi.
•)Concentrator
merupakan antar muka sejumlah terminal dengan saluran ke komputer pusat. Digunakan sebagai pengganti ataupun bersama-sama dengan multiplexer. Data yang diterima dikumpulkan dalam jumlah tertentu, baru kemudian disalurkan secara bersamaan ke tujuan. Sehingga Concentrator dapat membebaskan saluran komunikasi dari lalu lintas yag tidak bermanfaat, dan membebaskan komputer dari semua kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran berita tanpa salah (error free messages).

14. Macam-macam topologi komunikasi data :
 a.Topologi Bus,
Pada topologi Bus digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat di mana seluruh workstation dan server dihubungkan.
•)Keuntungan:
 ✓ Hemat kabel
 ✓ Layout kabel sederhana
 ✓Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan  mudah tanpa mengganggu workstation lain
•)Kerugian:
✓Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
Kepadatan lalu lintas pada jalur utama
✓Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan
✓Diperlukan repeater untuk jarak jauh

 b.Topologi Star,
Pada topologi Star, masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau HUB. Keunggulan dari topologi tipe Star ini adalah bahwa dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap workstation ke server, maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan. 
•)Keuntungan:
 ✓Paling fleksibel
 ✓Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
✓Kontrol terpusat
 ✓Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan
•)Kerugian:
 ✓Boros kabel
 ✓Perlu penanganan khusus
 ✓Kontrol terpusat sehingga (HUB) jadi elemen kritis

 c.Topologi  Ring,
Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. 
•)Keunggulan topologi Ring adalah: 
tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus, karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat.
Hemat kabel
•)Kelemahan dari topologi Ring adalah 
✓setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan,  sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.
✓Penambahan komputer baru lebih sulit.
✓Peka terhadap kesalahan

 d.Topologi Mesh,
Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. 
•) Kelebihan:
✓Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
✓Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
✓Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
 ✓Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

•) kekurangan:
✓Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O 
✓Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

 e.Topologi Tree,
Topologi Tree pada dasarnya merupakan bentuk yang lebih luas dari Topologi Star. Seperti halnya Topologi Star, perangkat (node, device) yang ada pada topologi tree juga terhubung kepada sebuah pusat pengendali (central HUB) yang berfungsi mengatur traffic di dalam jaringan.
•)Kelebihan topologi TREE
 ✓Mudah untuk dikembangkan
 ✓Semua data perusahaan dapat terpusat menjadi satu area kerja
 ✓Kontrol menejmen lebih mudah karena sentralisasi dibagi menjadi beberapa tingkatan.
•)Kekurangan topologi TREE
 ✓Dapat terjadi tabrakan file data
 ✓Bila terjadi kabel putus pada komuter tingakt diatas, komputer tingkat dibawahnya tidak dapat digunakan.

15.Metode komunikasi data dan contohnya:
•)Simplex
simplex adalah komunikasi yang tidak memungkinkan penerima dan pengirim saling bertukar informasi. Pada komunikasi ini sinyal-sinyal dikirim hanya satu arah saja dalam waktu yang bersamaan Dimanacara satu sumber hanya memberikan informasi kepada penonton atau pendengar Dan pendengar maupun penonton tidak bisa berkomunikasi secara langsung.Contohnya adalah televisi Dan radio.
•)Half duplex
Half duplex adalah komunikasi antara dua belah pihak yaitu pengirim dan penerima dapat saling berbagi informasi dan berkonukasi secara interaktif, tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan, Contoh alat komunikasi yang memanfaatkan metode half-duplex ini adalah walkie-talkie.
•) Full duplex
Full duplex adalah komunikasi antar kedua belah pihak dapat saling berbagi informasi dan berkomunikasi secara interaktif dan dalam waktu yang bersamaan. Alat komunikasi yang menggunakan metode ini adalah telephone, Handphone

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jelaskan penggunaan database komputer dalam pelayanan SIAK!